|
Register
Desainer Web Harus Bisa Coding? PDF Cetak Email
Ditulis oleh Hambali Al-Musa   
Sabtu, 14 Agustus 2010 13:01

Apakah desainer web harus bisa coding? Tidak selalu! Tetapi harus ‘mengerti’ bagaimana website itu nanti akan di coding. Yang artinya, semua elemen desain yang kita buat di Photoshop harus code-able. Coba intip sedikit tips tentang persiapan mendesain website. Kita harus mengakui, kita tidak merasa nyaman melakukan coding sendiri.
Namun kita masih merasa kesulitan mengulang pelajaran video tutorial itu dari awal (jika tidak melihat contoh/videonya),

mungkin itu karena keterbatasan kita ? (sering lupa code yang sudah di pakai). Yangterpenting adalah sekarang kita ‘mengerti’ cara meng-coding sebuah website dan hal ini tentu saja akan menambah dasar pemikiran kita pada saat mendesain website di Photoshop.
Pertimbangan Kemampuan, Waktu dan Kesempatan

Kenapa kita tidak meng-coding website (personal dan komersial) saya sendiri?

Pertama, karena kita merasa kemampuan kita bukan di coding, dan lebih banyak teman yang sangat berkompetensi sekali dalam hal coding, yang bisa di ajak berkerjasama dalam suatu projek website.

Kedua, waktu yang di perlukan untuk coding cukup lama, jadi kita lebih baik melimpahkan bagian code ke seseorang yang bisa di percaya, dan kita bisa melanjutkan ke projek lainnya (yang artinya perputaran projek akan lebih menguntungkan dan sistem kerja menjadi lebih efisien dan efektif).

Ketiga, belum banyak web desainer yang mengkhususkan diri pada bagian interface dan pengaturan alur informasi pada website. Hal tersebut sedikit sekali berhubungan dengan coding, ini merupakan konsep awal sebuah website. Dan menurut saya bagian ini sama pentingnya dengan code. Percuma website berfitur canggih, efek jquery mencengangkan, tetapi desainnya sungguh menyakitkan hati.

Akhirnya…

Sebagai kesimpulan, seorang desainer web harus ‘mengerti’ coding tetapi tidak harus ‘bisa’ meng-coding. Tentu saja akan lebih bagus jika ‘bisa mengerjakan’ code desainnya sendiri. Dan yang terpenting kita harus menyadari kemampuan kita yang sebenarnya berada di bagian mana.

Seperti yang kita tahu, website jaman sekarang sudah melibatkan banyak elemen, mulai dari interface (desain), code, copywriting, SEO bahkan sampai ke teknik marketing online. Apakah menurut kamu satu orang bisa memberikan semua itu?. Website bukan sekedar PSD to CSS/Html, website lebih dari itu.

 

Sumber: http://jurusgrafis.com

 

LAST_UPDATED2